Bersatunya Korea Selatan dan Korea Utara di Asian Games Menjadi Momen Manis

Perhelatan olahraga terbesar di Asia, yakni Asian Games memang sudah berakhir sejak beberapa bulan yang lalu. Namun, banyak orang yang tidak bisa melepaskan berbagai momen terbaik yang hadir di Asian Games tersebut kesini. Ada banyak momen yang tidak bisa dilupakan di dua kota di Indonesia, yakni Jakarta dan Palembang. Indonesia juga bisa terbilang sukses dalam menyelenggarakan acara tersebut. Bahkan, dengan adanya venue asian games 2018 yang dibuat begitu maksimal, ada beberapa venue yang dianggap sebagai venue terbaik di dunia.

Salah satu hal lain yang tidak bisa dilupakan juga pada Asian Games 2018 lalu adalah bersatunya Korea Selatan dan Korea Utara. Kedua negara tersebut bergandengan tangan di pembukaan Asian Games yang berlangsung di Jakarta sebagai bukti bahwa mereka bersatu untuk Asian Games 2018 lalu.

Korea Selatan dan Korea Utara telah bergabung sebagai satu tim untuk tiga pertandingan dan enam kegiatan di Asian Games 2018 lalu. Keputusan ini diambil setelah pertemuan di markas utama Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (INASGOC) di Senayan pada 28 Juni 2018 yang lalu.

Hal tersebut telah menjadi salah satu sejarah untuk Asian Games dan untuk benua Asia mengingat ini adalah pertama kalinya Korea Utara dan Korea Selatan bersatu sebagai tim tunggal untuk beberapa kompetisi olahraga di Asian Games 2018.
Korea Selatan dan Korea Utara saat itu memutuskan untuk bersatu dan berada di bawah bendera yang sama, yakni bendera semenanjung bersatu dan akan mempertandingkan tiga cabang olahraga, seperti bola basket wanita, perahu naga, dan mengayuh.

Dengan bersatunya kedua negara ini di Asian Games 2018 lalu membuat acara olahraga tersebut semakin special dan selalu dikenang oleh banyak orang. Banyak pihak, khususnya Indonesia merasa bangga dengan hal tersebut karena keduanya bersatu di Asian Games yang diselenggarkaan di Indonesia. Pada pembukaan Asian Games ke-18 kita juga bisa melihat kedua negara berpegangan tangan dan bersatu di bawah satu bendera yang sama. Ini bukti bahwa perdamaian antar negara memang harus ada dan harus dijaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *